Cara Aktivasi EFIN Untuk E-filing Pajak Di DJP Online

e-Filling Pajak eFin Pajak Uncategorized

7. Masukkan data email Anda, berikut EFIN Anda. Klik tombol tersebut dan masukkan data-data Anda, seperti NPWP, Kode eFIN, alamat email dan nomor Handphone dan tentukan password e-Filing Anda. Segera urus EFIN Pajak Anda, agar pelaporan pajak menjadi lebih mudah. Daftar EFIN pajak badan Anda di OnlinePajak, aplikasi resmi yang telah disahkan DJP untuk menyediakan e-SPT/e-Faktur dan e-filing agar Anda dapat melakukan e-filing gratis!

Kedua, cek email yang Anda gunakan saat daftar akun efiling DJP Online. Meskipun tidak bisa daftar EFIN online, Anda masih bisa melakukan pengisian formulir EFIN pajak online di aplikasi OnlinePajak. 1. Dilarang mengisikan data yang tidak benar pada formulir EFIN pajak online milik Anda. Kalau Anda sudah mengetahui bahwa Pajak Anda kurang bayar, segera persiapkan Surat Setoran Pajaknya, jangan lupa catat jumlah yang Anda setorkan dan Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN)-nya. Siapkan alamay email dan nomor handphone yang akan digunakan untuk menerima kode aktivasi dari server e-Filing.

Kemudia saya mencoba lupa password dan belum menerima link aktivasi tapi yang muncul “Anda belum terdaftar”. Kemudian klik link yang diberikan untuk mereset password efiling DJP Online Anda. Lalu jika wajib pajak belum terdaftar sebagai wajib pajakn di akun DJP Online dan belum menerima aktivasi link wajib pajak. Batas waktu mengaktifkan EFIN adalah 30 hari sejak menerima kode tersebut. Untuk wajib pajak orang pribadi, batas pelaporan SPT pada akhir Maret, sedangkan wajib pajak badan atau perusahaan di akhir April. Formulir SPT Tahunan 1770 SS adalah bentuk fomulir SPT Tahunan Pajak Penghasilan Wajib Pajak Orang Pribadi Sangat Sederhana bagi Wjaib Pajak yang mempunyai penghasilan selain dari usaha dan/atau pekerjaan bebas dengan jumlah penghasilan bruto tidak lebih dari RP.

Anda cukup mendatangi kantor KPP tempat NPWP Anda terdaftar dan mengisi : Fomulir permohonan cetak ulang EFIN. Setelah mengisi kode keamanan (captcha) klik tombol “Daftar”. Masih ada waktu selama 4 (empat) hari untuk mengisi dan menyelesaikan Lapor SPT Pajak Anda. Dengan begitu Anda bisa menggunakan layanan pelaporan SPT pajak secara online. Apabila selesai silahkan mencoba login menggunakan NPWP dan password yang telah dibuat sebelumnya. Anda hanya diminta untuk memasukkan nomor NPWP dan password efiling DJP Online saja. Untuk melakukan cetak ulang Nomor EFIN Pajak Anda diharuskan untuk datang langsung ke kantor pajak. Saya pun putus asa dan berniat untuk datang ke KPP tempat NPWP terdaftar.

Klik link tersebut dan ganti dengan password Anda sendiri. Silakan masukan nomor NPWP dan password. Kepala Seksi Pengawasan dan Konsultasi 3 KPP Pratama Jakarta Tanah Abang 3 Yudhi Yansen menjelaskan, sebenarnya ada banyak cara selain mengunjungi KPP terdekat untuk bisa mengakses kembali nomor EFIN. Selanjutnya, segera nikmati banyak kemudahan lapor pajak online di OnlinePajak. 7. Silakan menikmati banyak kemudahan dan manfaat gratis eFiling SPT apapun dalam jumlah tak terbatas di DJP Online. Bagi Wajib Pajak yang pernah menggunakan fasilitas pelaporan SPT pajak secara online, banyak terdapat permasalahan diamana mereka lupa password login DJP Online.

Problemnyanya, banyak orang yang juga lupa dengan nomor EFIN mereka. 1. Telepon seluler diisi dengan nomor ponsel yang akan digunakan oleh wajib pajak badan dan orang pribadi untuk pengiriman token dan keperluan lain yang berkaitan dengan layanan pajak online. Wajib pajak pribadi tidak diperkenankan diwakilkan oleh orang lain saat pengajuan aktivasi nomor identifikasi pajak. Electronic Filing Identification Number (EFIN Pajak) adalah nomor identitas yang diterbitkan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) kepada wajib pajak untuk melakukan transaksi elektronik atau e-Filing pajak.

2. EFIN adalah dokumen rahasia sehinga tidak boleh dibagikan pada pihak lain. Jangan lupa membawa seluruh dokumen persyaratan. 2. Cukup membawa fotokopi KTP dan fotokopi NPWP. Harus membawa NPWP asli dan fotokopi bagi wajib pajak yang ingin diambilkan EFIN. Cara mendapatkan EFIN pajak sangat mudah dan bisa langsung diaktivasi oleh wajib pajak badan ataupun wajib pajak pribadi. Apakah Anda sudah mendapatkan EFIN?

Kalau sudah lupa EFIN apa yang harus dilakukan? Siapkan gawai yang sudah terkoneksi internet, sementara itu biarkan petugas bekerja untuk memprosesnya. Sementara untuk penyampaian laporan SPT pajak lainnya terutama jenis SPT 1770 maupun 1771, e-Filing di DJP Online menyediakan fasilitas penyampaian SPT berupa ungggah SPT yang telah dibuat melalui aplikasi e-SPT maupun e-FORM. Disarankan untuk memasukkan kata sandi berupa gabungan angka dan huruf yang mudah diingat.

Pengurus tersebut harus menyiapkan surat penunjukan pengurus yang bersangkutan, surat identitas pengurus berupa KTP atau paspor, NPWP pengurus, juga NPWP badan. Kartu identitas diri (KTP bagi WNI atau KITAS/KITAP bagi WNA) . Lengkapi formulir itu dengan melampirkan KTP (asli maupun fotokopi) untuk kelompok WNI dan KITAS untuk kelompok WNA. Kemudian berkembang cukup dengan mengirimkan foto dan scan KTP melalui POS atau email, maka sekarang tak perlu lagi.

OnlinePajak adalah aplikasi penyedia jasa alternatif e-SPT dan e-Filing pajak online yang telah disahkan oleh DJP dengan Surat Keputusan No. Satu-satunya cara untuk cek Nomor EFIN adalah dengan datang langsung ke kantor pajak kemudian Anda bisa mengajukan permohonan untuk cetak ulang Nomor EFIN Pajak. Anda bisa memperoleh nomor EFIN melalui Kantor Pelayanan Pajak tempat terdaftarnya NPWP Anda. Namun untuk bisa menyampaikan SPT tahunan pribadi dengan jalan online, seorang wajib pajak harus mengaktivasi EFIN terlebih dahulu di Kantor Pelayanan Pajak. Dari total pelapor, sebanyak 93 persen menyampaikan SPT secara online melalui e-filing.

Angka itu setara 70,15 persen dari target 15,58 juta pelapor. Angka pelaporan ini naik tipis dari SPT Tahunan Pajak 2017, yaitu sebesar 10,58 juta wajib pajak. Denda untuk SPT Tahunan—SPT yang digunakan untuk pelaporan tahunan—Orang Pribadi dipatok Rp100.000 per Tahun Pajak. Nomor EFIN yang telah didapatkan perlu diaktivasi terlebih dahulu agar bisa digunakan untuk lapor pajak online. EFIN pajak atau Electronic Filing Identification Number adalah nomor identitas yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak kepada wajib pajak untuk melakukan transaksi elektronik di antaranya adalah e-Filing. Hal tersebut adalah Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), nama, alamat terdaftar saat registrasi EFIN, alamat email atau nomor telepon saat registrasi EFIN, dan tahun pajak SPT terakhir.

Akses DJP Online kemudian pilih lupa password masukkan NPWP, EFIN, Lupa Email pilih YA dan masukkan kode keamanan kemudian Submit. Untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa baca : Cara Lapor SPT Pajak Namun Lupa Password DJP Online. Selain berfungsi sebagai kode verifikasi untuk pendaftaran efiling DJP Online, Nomor EFIN Pajak juga berfungsi saat Anda lupa password efiling DJP Online Anda. Nomor EFIN Pajak adalah sebuah kode verifikasi untuk pendaftaran efiling DJP Online. Jika permasalahan utama Anda adalah lupa Nomor EFIN Pajak, maka yang perlu Anda lakukan adalah cetak ulang Nomor EFIN Pajak. Isi kolom dengan memasukkan nomor NPWP. Kode EFIN digunakan jika wajib pajak lupa dengan kode pasword di akun DJP Online miliknya.

e-Filing Pajak: Tata Cara Pelaporan Pajak Online – OnlinePajak

https://www.online-pajak.com › e-filing

14 Feb 2018 –

2. Alamat email diisi dengan alamat email yang akan digunakan oleh wajib pajak badan dan orang pribadi untuk pengiriman token dan keperluan lain yang berkaitan dengan layanan pajak online. Anda pun sudah bisa melakukan e-Filing pajak dengan cara lapor pajak online yang mudah dan gratis selamanya, baik untuk wajib pajak badan atau pun orang pribadi. Seperti dikutip dari DJP Online, telah tersaji informasi cara mudah jika wajib pajak kesulitan melakukan SPT Tahunan. Hal ini untuk mengkonfirmasi jika data tersebut cocok dengan data yang ada di DJP.

Wajib Pajak harus menyampaikan data NPWP dan paling sedikit dua data lainnya, dan apabila data yang disampaikan cocok dengan data yang ada pada sistem DJP maka informasi kode billing atau kode verifikasi akan disampaikan langsung kepada Wajib Pajak. Laporan pajak tahunan gila gan, antriannya puanjang bgt, belum lagi kalo kita ketiduran kelewat nomor antrianya langsung harus nunggu no berikutnya. Setelah itu, Anda bisa langsung melakukan login. Kode EFIN pun bisa didapatkan kembali. Kemudian masukkan nomor NPWP, kode Nomor EFIN Pajak, kode pengaman, dan jangan lupa centang “lupa email” jika Anda juga lupa dengan email yang Anda gunakan, jika tidak maka cukup NPWP dan Nomor EFIN Pajak saja.

Simpan sebagai nomor HP / kontak di telepon anda. Kemudian isikan data diri Anda ke dalam formulir yang telah disediakan. Setelah Toppers mendapatkan EFIN pajak dari petugas KPP, EFIN pajak tersebut harus diaktivasi atau didaftarkan pada aplikasi pajak dalam waktu 30 hari. Untuk mendapatkan EFIN, Anda harus datang ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) sesuai domisili. EFIN, dan universitas tempat saya bekerja tidak ada fasilitas untuk mendaftarkan E-FIN secara kolektif, dan saya disuruh untuk mendaftar sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *