Surat Setoran Pajak (SSP) Itu Apa?

SSP Pajak

3. Sanksi administrasi berupa bunga 2 % dari jumlah pajak yang ditagih kembali, dihitung dari tanggal penerbitan SKPKPP sampai dengan tanggal penerbitan STP terhadap PKP yang gagal berproduksi dan telah diberikan pengembalian pajak masukan. PKP yang gagal berproduksi dan telah diberikan pengembalian pajak dimaksud dalam pasal 9 ayat (6 A) UU PPN 1984 dan perubahannya. SSPCP adalah SSP yang digunakan importir atau wajib bayar dalam rangka impor. I untuk bayar pajak masih menggunakan SSP manual yang diketik dengan mesin tik.

Surat Setoran Pabean, Cukai dan Pajak dalam Rangka Impor atau SSPCP merupakan SSP yang digunakan wajib pajak khusus untuk impor. Lantaran banyaknya kelemahan, sejak 1 Juli 2016, pembayaran pajak menggunakan SSP pajak sudah tidak lagi berlaku. Namun kini SSP sudah tidak digunakan lagi dan digantikan dengan SSE atau Surat Setoran Elektronik. Surat Setoran Pajak Khusus ini mempunyai fungsi yang sama dengan SSP Standar dalam administrasi perpajakannya.

Nomor Ketetapan. Kolom yang ini diisi dengan nomor ketetapan yang ada di dalam Surat Ketetapan Pajak atau bisa dilihat pada STP (Surat Tagihan Pajak). Fungsi STP adalah sebagai koreksi atas jumlah pajak yang terutang menurut SPT wajib pajak, sarana mengenakan sanksi administrasi berupa bunga dan alat untuk menagih pajak. Nomor Ketetapan diisi nomor ketetapan yang tercantum pada surat ketetapan pajak (SKPKB,SKPKBT) atau Surat Tagihan Pajak (STP) hanya apabila SSP digunakan untuk membayar atau menyetor pajak yang kurang dibayar/disetor berdasarkan surat ketetapan pajak, STP atau putusan lain. Baca Juga: Ingin Tahu Lebih Detail Mengenai Cara Menyetor Pajak Lewat SSE? Tuliskan uraian pembayaran pajak Anda secara detail pada kolom yang telah tersedia.

NOP. Pada bagian ini dapat diisi sesuai dengan Nomor Objek Pajak yang didasarkan pada surat-surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) dari Pajak Bumi Terhutang (PBB). NOP: Bagian ini dapat diisi sesuai dengan Nomor Objek Pajak yang didasarkan pada surat Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) dari Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Berbagai macam subsidi yang dikeluarkan pemerintah diantaranya subsidi BBM, listrik, Bantuan Langsung Tunai (BLT),Raskin,danJamkesmas.Namun pada prakteknya subsidi ini tidak tepat sasaran.

SKPLB adalah surat ketetapan pajak yang menentukan jumlah kelebihan pembayaran pajak karena jumlah kredit pajak lebih besar daripada pajak yang terutang atau seharusnya tidak terutang. Surat Ketetapan Pajak adalah surat ketetapan yang meliputi Surat Ketetapan Pajak Kurang Bayar (SKPKB), Surat Ketetapan Pajak Kurang Bayar Tambahan (SKPKBT), Surat Ketetapan Pajak Nihil (SKPN), atau Surat Ketetapan Pajak Lebih Bayar (SKPLB). Surat Ketetapan Pajak Kurang Bayar adalah surat ketetapan pajak yang menentukan besarnya jumlah pokok pajak, jumlah kredit pajak, jumlah kekurangan pembayaran pokok pajak, besarnya sanksi administrasi dan jumlah pajak yang masih harus dibayar. Atas keterlambatan pembayaran pajak, dikenakan sanksi denda administrasi bunga 2% (dua persen) sebulan dari pajak terutang dihitung dari jatuh tempo pembayaran.

Tiga petugas penarik pajak yang ditunjuk tersebut selanjutnya melakukan wewenangnya dalam mengumpulkan biaya pajak yang berasal dari rekanan. Pajak dipungut penguasa berdasarkan norma- hukum untuk menutup biaya produksi barang-barang dan jasa kolektif untuk mencapai kesejahteraan umum.Pajak merupakan sumber utama pemasukan negara yang dalam penyelenggaraannya dilaksanakan oleh Direktorat Jendral Pajak. Lembar keempat: digunakan untuk arsip Kantor Penerimaan Pembayaran. Untuk mengetahui tempat pembayaran dan penyetoran pajak.

Untuk mengetahui fungsi surat setoran pajak dan pembayaran pajak. Surat setoran pajak adalah surat yang oleh wajib pajak digunakan untuk melakukan pembayaran atau penyetoran pajak yang terutang ke kas negara melalaui kantor penerima pembayaran. Seiring perkembangan teknologi dan informasi, penggunaan SSP untuk menyetorkan pajak akhirnya digantikan oleh SSE pajak. Akan tetapi sebaliknya untuk wilayah terpecil, keterbatasan sarana prasarana serta kurangnya pengetahuan mau tidak mau tetap saja menggunakan Aplikasi SSP Pajak Microsoft Excel bahkan ada juga yang membeli blanko kosong dari Toko Photo Copy.

Pajak memberikan manfaat secara tidak langsung bagi masyarakat,karena kontraprestasi yang akan dikembalikan pada masyarakat adalah dalam bentuk pembangunan infrasruktur dan fasilitas umum,sehingga pajak tersebut seharusnya dapat dinikmati secara merata oleh seluruh lapisan masyarakat. Bank badan hukum tidak hanya di pusat saja, akan tetapi sekarang sudah bank badan hukum daerah yang memudahkan kalangan rekanan dalam melakukan pembayaran pajak negara yang ada.

Jadi, kemauan masyarakat untuk membayar pajak akan membantu Negara ini terbebas dari hutang Meski ada kasus penyelewengan yang terjadi, tentunya tidak semua para petugas pajak melakukan perbuatan haram tersebut. Demikianlah berbagi file Aplikasi SSP Pajak Microsoft Excel pada kesempatan kali ini, semoga bisa berguna serta bermnafaat untuk sekarang maupun yang akan datang. Namun realita terbesarnya, kegunaan pajak di Indonesia adalah untuk membayar cicilan hutang.

Hampir setiap tahun persen penggunaan uang pajak sebagai cicilan hutang cukup besar. Dari pengertian pajak dan kegunaannya, dapat dipahami bahwa pajak memiliki potensi yang kuat untuk bisa membayar hutang. Hal ini tantangan bagi Direktorat Jenderal Pajak sebagai institusi yang menghimpun penerimaan negara dari pajak. Layanan sistem Surat Setoran Elektronik (SSE) yang telah diluncurkan Direktorat Jenderal Pajak, memberikan keringanan bagi Wajib Pajak untuk menunjang kemudahan urusan pajak yang dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja dengan mudah, cepat, dan singkat. Daftar di sini untuk menggunakan layanan perpajakannya secara gratis!

Sebelum membayar pajak, wajib pajak diharuskan terlebih dahulu membuat SSP (Surat Setoran Pajak) dan membawa SSP (Surat Setoran Pajak) tersebut ke bank atau kantor pos untuk dibayarkannya pajak tersebut. Pengusaha yang telah dikukuhkan sebagai pengusaha kena pajak, tetapi tidak membuat faktur pajak atau membuat dfaktur pajak tetapi tidak tepat waktu. Tidak ada dokumen-dokumen cetak yang diperlukan dalam pemanfaatan Surat Setoran Elektronik ini, sehingga praktis untuk Anda lakukan. Surat Setoran Cukai atas Barang Kena Cukai merupakan SSP yang digunakan oleh pengusaha untuk cukai atas barang kena cukai dan PPN hasil tembakau buatan dalam negeri. · SSP standar adalah surat yang oleh wajib pajak digunakan atau berfungsi untuk melakukan pembayaran atau penyetoran pajak yang terutang ke kantor penerimaaan pembayaran dan digunakan sebagai bukti pembayaran.

Untuk mengetahui tata cara meunda atau mengangsur pembayaran atas ketetapan pajak. Untuk mengetahui pengertian surat setoran pajak dan pembayaran pajak. Untuk mengetahui batas waktu pembayaran atau penyetoran pajak. Demikian pemaparan seputar SSP dan SSE Pajak serta cara pendaftaran yang bisa Anda aplikasikan untuk melakukan setoran pajak masa dan tahunan. Timbul kesan bahwa dengan adanya sistem pembayaran pajak online, SSP sudah tidak diperlukan lagi dan penggantinya adalah SSE. 3. Keberatan harus diajukan dalam jangka waktu 3 bulan sejak tanggal dikirim SKP atau sejak tanggal pemotonngan atau pemungutan pajak, kecualli apabila wajib pajak dapat menunjukkan bahwa jangka waktu tersebut tidak dapat dipenuhi karena keadaan di luar kekuasaannya.

Semakin besarnya peranan pajak dalam pembangunan menjadi perhatian semua pihak, karena tingginya pajak menunjukkan kemampuan kemandirian bangsa dalam membiayai pembangunan dari seluruh komponen bangsa. Sebab, wajib pajak hanya membawa ID billing yang telah dibuat di SSE pajak dan kemudian menunjukkan ke petugas bank persepsi dan kantor pos sebelum menyetorkan pajak. Jika sebelumnya wajib pajak harus mengisi formulir serta membawanya ke bank persepsi serta kantor pos, melalui SSE pajak semua jadi lebih mudah.

5. lembar ke-5 : untuk arsip Wajib Pungut (Bendahara Pemerintah/BUMN) atau pihak lain. · Lembar ke-5: Untuk arsip Wajib Pungut atau pihak lain sesuai dengan ketentuan perundangan perpajakan yang berlaku. Alamat Wajib Pajak. Isikan alamat lengkap wajib pajak pada kolom ini sesuai dengan yang terdaftar dalam SKT (Surat Keterangan Terdaftar). Biasanya ini susah di cetak. Penyebab dibatalkannya transaksi biasanya karena kesalahan petugas teller maupun wajib pajak itu sendiri.

Begini Cara Buat e-Billing Pajak Lewat DJP Online – Cermati

https://www.cermati.com › Artikel dan Tips › Pajak

16 Jan 2018 –

Wajib Pajak dapat mengadakan sendiri formulir SSP dengan bentuk dan isi sesuai dengan formulir SSP. Bentuk formulir SSP dan penjelasannya tercantum dalam Peraturan Direktorat Jenderal Pajak Nomo PER-24/PJ/2013 tentang Bentuk Formulir Surat Setoran Pajak. · SSP Standar diisi sesuai dengan Buku Petunjuk Pengisian SSP sebagaimana ditetapkan dalam lampiranII Peraturan Direktur Jenderal Pajak No. Untuk Wajib Pajak dengan kriteria tertentu, dapat menyetorkan PPh Pasal 25 untuk beberapa Masa Pajak dalam satu SSP. Kode Akun Pajak. Isi kolom ini dengan angka dari kode akun pajak untuk jenis-jenis pajak yang akan dibayarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *